Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lokasi usaha terhadap daya saing usaha mikro kecil menengah : studi kasus usaha kuliner di sekitar kampus UIN Walisongo

Pratiwi, Nur’aini Intan (2023) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lokasi usaha terhadap daya saing usaha mikro kecil menengah : studi kasus usaha kuliner di sekitar kampus UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026142_Nur’aini_Intan_Pratiwi] Text (Skripsi_1605026142_Nur’aini_Intan_Pratiwi)
1605026142_Nur_aini_Intan_Pratiwi_Full_Skripsi - Widiangga 99.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lokasi usaha terhadap daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sekitar kampus UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM sekitar kampus UIN Walisongo Semarang.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, yaitu sebanyak 154 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Model analisis data menggunakan model analisis regresi linier berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik F, uji Koefisien Determinasi (R2), dan uji statistik t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM di sekitar kampus UIN Walisongo, variabel lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM di sekitar kampus UIN Walisongo, kedua variable tersebut sangat berpengarush positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM di sekitar kampus UIN Walisongo. Keterbatasan penulis hanya menggunakan dua varible bebas dan juga waktu yang singkat menghasilkan penelitian ini sesuai dengan kemampuan penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan; lokasi usaha; daya saing usaha
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:26
Last Modified: 26 Aug 2024 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics