Analisis swot terhadap strategi pemasaran pada usaha makanan ringan dalam perspektif ekonomi Islam : study kasus pada usaha makanan ringan "Jajanan Mbahe" di Kp. Jagalan, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal
Badawi, Ahmad Ali (2023) Analisis swot terhadap strategi pemasaran pada usaha makanan ringan dalam perspektif ekonomi Islam : study kasus pada usaha makanan ringan "Jajanan Mbahe" di Kp. Jagalan, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1605026173_AHMAD ALI BADAWI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Poerwanto Pwt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (824kB)
Abstract
Skripsi ini dibuat untuk menganalisa dan sekaligus menentukan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Usaha Jajanan Mbah’e. Adapun faktor yang akan menjadi obyek Analisa adalah faktor internal (Strenght / Kekuatan), (Weakness/Kelemahan) dan faktor eksternal (Opportunity/Peluang), (Threat/Ancaman).
Adapun Metode penelitian yang digunakan berupa Analisis SWOT dan metode analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian Kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif merupakan Analisis data yang tidak berupa angka, akan tetapi berupa beberapa informasi yang digali dari hasil penelitian. Dengan demikian teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti, yakni dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung terhadap Owner Usaha Jajanan Mbah’e. Selain itu terdapat data pendukung yang dihasilkan dari buku-buku dan sumber lain yang terkait dengan judul penelitian ini. Beberapa data yang dihasilkan kemudian di Analisa menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap strategi yang diterapkan dalam Usaha Jajanan Mbah’e. Hasil penelitian yang ditunjukkan Usaha Jajanan Mbah’e melalui penerapan analisis SWOT dari hasil penghitungan Matrix IFAS dan EFAS diperoleh nilai X = 4,1 dan Y = 6 . Dengan demikian, maka posisi Usaha Jajanan Mbah’e berada pada posisi KUADRAN I yang menunjukkan bahwa Usaha Jajanan Mbah’e berada pada situasi yang masih menguntungkan. Dengan demikian Usaha Jajanan Mbah’e ini memiliki peluang dan kekuatan yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan usahanya. Adapun strategi yang mesti diterapkan dalam kondisi ini adalah bisa mendukung untuk pertumbuhan yang lebih Agresif (Grow Oriented Strategy).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SWOT; matrix ifas dan efas; strategi pemasaran. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 08:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 08:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23614 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year