Efektivitas strategi PQ4R berkombinasi mind map terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2010/2011

Khasanah, Felakhah (2011) Efektivitas strategi PQ4R berkombinasi mind map terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73811014_coverdll.pdf]
Preview
Text
73811014_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73811014_bab1.pdf]
Preview
Text
73811014_bab1.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 73811014_bab2.pdf]
Preview
Text
73811014_bab2.pdf - Accepted Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 73811014_bab3.pdf]
Preview
Text
73811014_bab3.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 73811014_bab4.pdf]
Preview
Text
73811014_bab4.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 73811014_bab5.pdf]
Preview
Text
73811014_bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 73811014_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73811014_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map efektif terhadap hasil belajar pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah peserta didik dalam proses pembelajaran terkadang mengalami kesulitan mengingat apa yang dipelajari, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar.
Penelitian ini merupakan eksperimen murni (true experimental), dengan desain eksperimen yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi tes awal pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran IPA Terpadu (biologi) materi pokok klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map. Sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajanan konvensional. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok diberi post test yang sama. Post test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map efektif terhadap hasil belajar pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kesamaan dua rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan, diperoleh thitung = 2,345 dan ttabel = 1,665 karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari atau tidak sama dengan kelompok kontrol, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map pada mata pelajaran IPA Terpadu (Biologi) materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Biologi; Klasifikasi Makhluk Hidup; Stretegi Pembelajaran; Mind Map
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 06:51
Last Modified: 22 May 2021 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics