Manajemen mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak dan budi pekerti di SMP Negeri 3 Tirto Kabupaten Pekalongan

Syarifah, Nailu (2023) Manajemen mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak dan budi pekerti di SMP Negeri 3 Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036051_Nailu Syarifah_Lengkap] Text (Skripsi_1903036051_Nailu Syarifah_Lengkap)
Skripsi_1903036051_Nailu Syarifah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan suatu pembelajaran dapat berhasil dengan adanya mutu yang telah direncanakan dan dikembangkan. Mutu pembelajaran merupakan proses pembelajaran yang telah dipersiapkan dengan strategi yang ada dan rancangan yang nantinya diajarkan kepada peserta didik agar memperoleh hasil yang diharapkan dan terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu perencanaan pembelajaran, mutu pelaksanaan pembelajaran, mutu evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran di SMP Negeri 3 Tirto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan mutu pembelajaran meliputi (1) menyusun pembelajaran yaitu proses mengelola semua komponen yang terkait dengan pembelajaran agar tertata secara sistematis, teratur, dan logis sehingga memudahkan proses dan pencapaian hasil pembelajaran, (2) menetapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran, sarana dan prasarana yang diperlukan akan mudah diidentifikasi dan dikelola melalui perencanaan dalam meningkatkan proses pembelajaran; (3) mendeskripsikan indikator hasil belajar dan Teknik penilaian, dengan perencanaan yang baik guru dapat mengetahui berapa banyak indikator yang harus dikuasi oleh peserta didik dari setiap pelajaran.
Pada pelaksanaan mutu pembelajaran guru sudah menerapkan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan dengan optimal.
Pada evaluasi mutu pembelajaran yang dilakukan guru dalam berorientasi pada kompetensi yaitu penilaian diri, tugas tertulis, soal-soal esai, pertanyaan lisan,produk atau proyek. Untuk program tindak lanjut pembelajaran yaitu remedial dan pengayaan sudah terlaksanakan dengan baik .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen mutu; Pembelajaran; Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:46
Last Modified: 27 Aug 2024 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23631

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics