Analisis penyelesaian sengketa pada perjanjian lisan sewa menyewa indekos di Kecamatan Pati

Rahmawati, Dina (2022) Analisis penyelesaian sengketa pada perjanjian lisan sewa menyewa indekos di Kecamatan Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056089_DINA_RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_1902056089_DINA_RAHMAWATI)
1902056089_Dina Rahmawati_Lengkap Tugas Akhir.docx - King Yeo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sewa menyewa adalah perjanjian dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada pihak yang lainnya kenikmatan dari suatu barang, selama waktu tertentu dan dengan pembayaran suatu harga, yang oleh pihak tersebut belakangan disanggupi pembayarannya. Pelaksanaan perjanjian sewa menyewa dapat dilaksanakan secara lisan maupun tertulis sebagaimana ketentuan dalam pasal KUH Perdata Pasal 1320.
Fokus permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu analisis bagaimana penyelesaian sengketa dalam sewa menyewa apabila dilakukan secara lisan di indekos Kecamatan Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris (non doktrinal), yaitu metode penelitian hukum yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat atau penelitian yang dilakukan terhadap keadaan sebenarnya yang terjadi di masyarakat dengan proses pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung kepada pelaku usaha dan konsumen indekos.
Hasil dari penelitian ini adalah perjanjian lisan yang digunakan oleh mayoritas pemilik indekos di Kecamatan Pati mengalami kesulitan dalam pembuktian apabila terjadi nsengketa atau perselisihan serta alternatif dalam penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh pemilik indekos hanyalah secara kekeluargaan dikarenakan sulitnya perkara apabila masuk kedalam suatu pembuktian dikarenakan lemahnya alat bukti dalam suatu sengketa dari perjanjian sewa menyewa secara lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Lisan; Sewa Menyewa; Indekos; Pati
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:45
Last Modified: 27 Aug 2024 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics