Strategi Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja bidang ketatausahaan di MTs Tabah Lamongan

Ilmia, Novi (2024) Strategi Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja bidang ketatausahaan di MTs Tabah Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036082_Novi Ilmia_Lengkap] Text (Skripsi_1903036082_Novi Ilmia_Lengkap)
Skripsi_1903036082_Novi Ilmia_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepala tata usaha harus mampu membimbing tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan pendidikan agar mampu mengembangkan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional sehingga tujuan lembaga pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana strategi kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja bidang ketatausahaan di MTs Tabah Lamongan?,
2) Bagaimana implikasi strategi kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja bidang ketatausahaan di MTs Tabah Lamongan?.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang mana Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi dari sekolah. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Strategi yang digunakan kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja bidang ketatausahaan di MTs Tabah Lamongan adalah: Dorongan positif yaitu, audit kinerja, standar dan tujuan kinerja, umpan balik kinerja, memberikan pujian. Program disiplin positif dilakukan melalui program tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Program bantuan karyawan berupa uang transportasi, tunjangan asuransi, fasilitas yg lengkap. 2) Implikasi strategi kepala tata usaha terhadap kinerja bidang ketatausahaan di MTs Tabah Lamongan yaitu pegawai selalu melakukan peningkatan pada kinerjanya, pegawai mampu mencapai target yang ditentukan atasan, pegawai bertanggung jawab atas pusat informasi yang ada di madrasah, pegawai selalu tiba 15 menit sebelum jam kerja dimulai dan pulang kerja tepat pukul 12.30 WIB. semua pegawai mengenakan seragam sopan dan rapi ketentuan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Kinerja; Ketatausahaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:27
Last Modified: 27 Aug 2024 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23638

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics