Evaluasi pelayanan perpustakaan di SDN Ngaliyan 05 Semarang berdasarkan standar nasional perpustakaan

Aini, Dias Arifatul (2023) Evaluasi pelayanan perpustakaan di SDN Ngaliyan 05 Semarang berdasarkan standar nasional perpustakaan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036087_Dias Arifatul _Aini_Lengkap] Text (Skripsi_1903036087_Dias Arifatul _Aini_Lengkap)
Skripsi_1903036087_Dias Arifatul _Aini_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelayanan Perpustakaan SDN Ngaliyan 05 Semarang berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan dan juga untuk mengetahui kendala serta upaya yang dihadapi sekaligus dilakukan dalam menyelenggarakan perpustakaan sekolah dasar.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskritif kualitatif yang dilakukan langsung di tempat terjadinya gejala-gejala objek penelitian yaitu di SDN Ngaliyan 05 Semarang. Data pada skripsi ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian evaluasi pelayanan perpustakaan di SDN Ngaliyan 05 Semarang berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan, menunjukkan hal sebagai berikut: Beberapa hal yang sudah terlaksana sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan yaitu, koleksi, program wajib baca, promosi perpustakaan, kerja sama, integrasi dengan kurikulum, penyelenggaraan, dan juga pengelolaan perpustakaan. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadikan perpustakaan belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan, yaitu terkait sarana prasarana, jam buka, jenis pelayanan, program pendidikan pemustaka, program literasi informasi, pembuatan laporan, dan tenaga perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Pelayanan; Perpustakaan sekolah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:33
Last Modified: 27 Aug 2024 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics