Efektivitas kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) dan IS (Information Search) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok filum chordata kelas X MA Mazro’atul Huda di Demak tahun pelajaran 2010/2011

Fariidah, Jauharotul (2011) Efektivitas kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start with a Question) dan IS (Information Search) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok filum chordata kelas X MA Mazro’atul Huda di Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73811020_coverdll.pdf]
Preview
Text
73811020_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 73811020_bab1.pdf]
Preview
Text
73811020_bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 73811020_bab2.pdf]
Preview
Text
73811020_bab2.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 73811020_bab3.pdf]
Preview
Text
73811020_bab3.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 73811020_bab4.pdf]
Preview
Text
73811020_bab4.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 73811020_bab5.pdf]
Preview
Text
73811020_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 73811020_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73811020_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan siswa yang merasa kesulitan dalam memahami mata pelajaran biologi yang dikarenakan oleh kurangnya penguasaan konsep awal tentang materi yang akan diajarkan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung sering terjadi miss understanding antara pemahaman guru dan peserta didik karena mereka belum mengerti alur pembahasan materi sehingga tidak mampu membangun pemahaman tentang materi yang diajarkan. Akibatnya, suasana pembelajaran kurang kondusif karena pembelajaran hanya dilakukan satu arah, respon aktif dari siswa yang diharapkan oleh guru belum terbentuk secara maksimal, sehingga nilai hasil belajar kognitif peserta didik belum mencapai ketuntasan kriteria minimal. Penguasaan konsep awal peserta didik sangat dibutuhkan agar dapat memahami materi ajar secara komprehensif dan terkait dengan kenyataan konkrit yang ada di lingkungan, karena pembelajaran biologi membutuhkan pemahaman yang relevan dengan fakta yang objektif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah penerapan kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dan IS (Information Search) berperan efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok filum chordata kelas X MA Mazro’atul Huda di Demak tahun pelajaran 2010/2011? Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) metode dokumentasi berupa data nilai hasil belajar peserta didik pada semester sebelumnya (2) metode tes melalui post test yang dilakukan setelah peneliti memberikan treatment dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dan IS (Information Search) pada saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, kajian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dan IS (Information Search) pada materi pokok filum chordata mampu mengembangkan potensi berpikir peserta didik karena mereka sudah memiliki pengetahuan dasar dan konsep awal materi pada saat strategi tersebut diterapkan. Selanjutnya, dengan konsep yang mereka miliki akan menghantarkan pada proses pengolahan informasi dan potensi berpikir melalui strategi pembelajaran IS (Information Search) yang pada kenyataannya mampu menimbulkan suasana pembelajaran yang efektif dan dinamis (2) peningkatan pemahaman peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar ternyata diikuti dengan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 74,4 dengan ketuntasan 88,2%, sedangkan kelas kontrol yang tetap dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 70,3 dan ketuntasan 84,3%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dan IS (Information Search) berperan efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar; Learning Start with a Question; Information Search; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 07:06
Last Modified: 22 May 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics