Manajemen kurikulum tarbiyatul muallimin wal muallimat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren darul Amanah Sukorejo Kendal

Amana, Anur Izma Aziz (2024) Manajemen kurikulum tarbiyatul muallimin wal muallimat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren darul Amanah Sukorejo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036114_Anur Izma A.A_Lengkap] Text (Skripsi_1903036114_Anur Izma A.A_Lengkap)
Skripsi_1903036114_Anur Izma A.A_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum merupakan aspek penting yang harus diatur karena bagian dari pilar pendidikan yang memiliki nantinya akan menjadi penentu mutu pendidikan. Kurikulum yang memiliki beberapa komponen penting seperti berisikan rencana atau pengaturan mengenai bahan pengajaran, isi, tujuan dan metode panduan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran diperlukan pengelolaan yang teratur guna memperoleh tujuan yang diinginkan yakni peningkatan pada kualitas pendidikan. Tujuan dalam memahami terkait manajemen kurikulum Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al Islamiyah serta implikasi manajemen kurikulum Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al Islamiyah di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Adapun dalam penelitian ini, peneliti memakai jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 aspek penting dalam manajemen kurikulum TMI di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal yang terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan kurikulum TMI yang berada di Pondok Pesantren Darul (3) Evalausi. Selanjutnya implikasi manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal adalah terwujudnya mutu serta kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kurikulum; Tarbiyatul muallimin; Mutu pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:19
Last Modified: 27 Aug 2024 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23651

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics