Evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila perspektif model Cipp di SMP Nasima Semarang
Ningsih, Dewi Rahayu (2023) Evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila perspektif model Cipp di SMP Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2003036049_Dewi Rahayu Ningsih_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah usaha yang dilakukan sebagai langkah awal untuk memulihkan pembelajaran yang sempat mengalami penurunan karena adanya pandemi untuk mengedepankan pembentukan karakter peserta didik. Proses penanaman karakter peserta didik bisa melalui kegiatan di sekolah seperti budaya organisasi, budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, atau dalam pembelajaran di kelas. SMP Nasima sudah melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila sebanyak 3 kali dalam tahun ajaran 2022-2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil evaluasi konteks projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Nasima Semarang, 2) evaluasi input projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Nasima Semarang, 3) hasil evaluasi proses projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Nasima Semarang., 4) hasil evaluasi produk projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Nasima Semarang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil evaluasi konteks projek penguatan profil pelajar pancasila sudah berjalan, mulai dari memahami tujuan, persiapan, kebutuhan, dan sasaran sudah tertata rapi, 2) Hasil evaluasi input projek penguatan profil pelajar pancasila sudah berjalan mulai dari pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, anggaran yang digunakan, dan serta strategi dan materi yang menunjang keberhasilan proses kegiatan projek, 3) Hasil evaluasi proses tentang kendala dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila sudah berjalan, mulai dari jadwal dan prosedur pelaksanaan kegiatan, akan tetapi perlu adanya perbaikan untuk mengatasi kendala yang ada baik dengan narasumber atau pihak ketiga maupun peserta didik, 4) Hasil evaluasi produk tentang kelanjutan projek penguatan profil pelajar pancasila sudah berjalan dan adanya kenaikan hasil prestasi peserta didik yang dapat dilihat dari nilai raportnya, dampak program yang memberikan pengalaman baru kepada peserta didik. Program ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dengan adanya beberapa perbaikan dari sisi anggaran, manajemen kegiatan, dan produk yang berorientasi pada jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; CIPP; Projek; Profil pelajar; Pancasila |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 06:31 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 06:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23653 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year