Strategi pengembangan usaha ikan asap dengan pendekatan business model canvas (BMC) dalam perspektif ekonomi islam : studi pada usaha ikan asap Sutarjo Desa Ketapang Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal
Novita, Yuyun (2023) Strategi pengembangan usaha ikan asap dengan pendekatan business model canvas (BMC) dalam perspektif ekonomi islam : studi pada usaha ikan asap Sutarjo Desa Ketapang Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1705026065_Yuyun Novita_Full Skripsi - Yuyun Novita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Strategi pengembangan merupakan rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya suatu industri yang diperlukan guna mengembangkan usahanya dalam rangka mencapai tujuan industri secara lebih efektif dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui strategi pengembangan usaha Ikan Asap Sutarjo dengan pendekatan Business Model Canvas.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari pemilik usaha ikan asap sutarjo, karyawan, pesaing dan konsumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal yang berhubungan dengan business model canvas dan prinsip-prinsip bisnis dalam ekonomi Islam. Analisis triangulasi kemudian dilakukan terhadap data yang ditemukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ikan Asap Sutarjo telah menerapkan business model canvas. Namun, ada beberapa aspek/blok yang perlu diperhatikan dan disempurnakan oleh Ikan Asap Sutarjo agar mampu mengembangkan usahanya dimasa yang akan datang diantaranya menjalin kerjasama dengan pihak lain, meningkatkan pelayanan, melakukan ekspansi, menjaga hubungan dengan pelanggan, menambah varian ikan asap yang lain, mengembangkan peralatan produksi yang digunakan, mengoptimalkan aktivitas produksi dan penjualan, menjalin kerjasama dengan pemasok ikan segar lainnya, dan mengatur biaya yang dikeluarkan. Sementara itu menurut perspektif ekonomi Islam, Ikan Asap Sutarjo sudah sesuai dengan prinsip bisnis Islam, hal ini didasarkan pada beberapa aspek, diantaranya customer oriented, transparansi, persaingan secara sehat, dan fairness.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business modelcanvas; ikan asap; bisnis ikan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:48 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23661 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year