Presentasi diri pengguna pakaian bekas atau second brand fashion di Instagram : studi pada mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang angkatan 2019
Prasetyo, Dimas Aji (2023) Presentasi diri pengguna pakaian bekas atau second brand fashion di Instagram : studi pada mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1906026142_Dimas_Aji_Prasetyo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pada dasarnya, setiap orang memiliki langkah-langkah khusus dalam mempresentasikan dirinya kepada orang lain. Presentasi diri atau sering juga disebut manajemen impresi (impression management) merupakan sebuah tindakan menampilkan diri yang dilakukan oleh setiap individu untuk mencapai sebuah citra diri yang diharapkan. Fenomena presentasi diri penggunaan pakaian second brand di media sosial yang saat ini sudah menjadi kegemaran mahasiswa dalam membentuk gaya hidup mereka agar terlihat lebih stylist dan fashionable seperti yang terjadi pada mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019. Dengan mengetahui itu makan penulis memiliki sebuah tujuan yaitu untuk dapat mengetahui proses pembentukan presentasi diri yang dilakukan mahasiswa serta dampak yang terjadi dalam presentasi diri di Instagram.
Penelitian ini mencoba untuk menganalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan cyber etnograph tentang mengenai bagaimana proses presentasi dari teori dramaturgi melihat panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage) yang dilakukan oleh mahasiswa pengguna pakaian second brand melalui akun Instagramnya beserta dampak dari mahasiswa melakukan presentasi diri dengan menggunakan pakaian second brand fashion di Instagram.
Dari hasil analisis dapat terlihat bahwa pembentukan presentasi diri mahasiswa diperlukan adanya tahap Back Stage yang merupakan bagian dari tahap persiapan lalu tahap Front Stage yang merupakan bagian dari mempresentasikan sehingga presentasi diri memiliki sebuah dampak terhadap daya kreativitas, ketenaran, dan kegemaran mahasiswa dalam mengunggah foto yang disertai kesan dan tujuan yang diinginkan dalam presentasi dirinya berupa menambah jumlah like dan followers dari hasil unggahan fotonya dengan meraih banyak kesan dari Audience yang diinginkan sehingga bisa dinilai sebagai anak remaja yang popular kekinian, namun menutupi fakta – fakta status sosial lainnya yang tidak ditunjukkan pada saat presentasi diri.
ABSTRACT:
Basically, everyone has special steps in presenting himself to others. Self-presentation or often also called impression management (impression management) is an act of self-presentation carried out by each individual to achieve an expected self-image. The phenomenon of self-presentation the use of second brand clothing on social media which is currently a craze for students in shaping their lifestyles to look more stylist and fashionable as happened to students of FISIP UIN Walisongo Semarang Class of 2019. By knowing that eating the author has a goal that is to be able to know the process of forming self-presentation by students and the impact that occurs in self-presentation on Instagram.
This study attempts to analyze using descriptive qualitative methods with cyber ethnograph approach on how the presentation process of dramaturgy theory sees the front stage and backstage performed by students using second brand clothing through their Instagram accounts and the impact of students presenting themselves using second brand fashion clothing on Instagram.
From the results of the analysis it can be seen that the formation of student self-presentation requires a Back Stage which is part of the preparation stage and then the Front Stage which is part of presenting so that self-presentation has an impact on creativity, fame, and the student's penchant for uploading photos with the desired impression and purpose in his presentation is to increase the number of likes and followers from the photo uploads by achieving many impressions from the desired Audience so that they can be judged as popular teenagers today, but cover up other social status facts that are not shown at the time of self – presentation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dramaturgi; Instagram; Presentasi Diri; Mahasiswa; Second Brand; Pengguna pakaian bekas |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 08:42 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 08:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23665 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year