Fenomena sharenting di media sosial Instagram : studi pada akun Instagram @narayasekar_a

Jamilatunnisa, Jamilatunnisa (2023) Fenomena sharenting di media sosial Instagram : studi pada akun Instagram @narayasekar_a. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1906026175_Jamilatunnisa] Text (Skripsi_1906026175_Jamilatunnisa)
Skripsi_1906026175_Jamilatunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tren sharenting yang kerap dilakukan oleh para ibu. Sharenting merupakan tindakan membagikan informasi tentang anak yang dilakukan oleh orang tua di media sosial baik dalam bentuk tulisan, foto, atau video. Media sosial Instagram menjadi sasaran orang tua dalam melakukan sharenting. Akun Instagram @narayasekar_a menjadi salah satu akun yang melakukan praktik sharenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan melakukam sharenting di akun Instagram @narayasekar_a dan strateginya dalam melakukan sharenting.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi. Instagram menjadi lokasi penelitian yang terfokus pada akun @narayasekar_a. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verfikasi atau penarikan kesimpulan menurut Miles dan Hubermas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan akun Instagram @narayasekar_a melakukan sharenting adalah untuk membentuk personal branding, kebutuhan untuk belajar, hiburan, aktualisasi diri, kebutuhan akan ekonomi, validasi, perhatian, dan dukungan sosial. Selain itu untuk membuat konten sharenting tentunya akun Instagram @narayasekar_a memiliki strategi tersendiri seperti manajemen waktu untuk memaksimalkan peran sebagai ibu rumah tangga dan kreator konten, melakukan hubungan dengan klien agar konten berjalan lancar, memperhatian pendidikan anak, memilah konten, dan membangun mood anak untuk keberhasilan konten. Praktik sharenting yang kerap dilakukan para ibu tentunya memiliki alasan dan strategi tersendiri. Meskipun begitu dalam melakukan praktik sharenting para ibu juga harus memperhatikan indikator-indikator sharenting sehingga tidak berdampak negatif pada anak.

ABSTRACT:
This research is motivated by the sharenting trend that is often carried out by mothers. Sharenting is the act of sharing information about children carried out by parents on social media either in the form of writing, photos, or videos. Instagram social media is the target of parents in sharenting. The Instagram account @narayasekar_a is one of the accounts that practice sharenting. This study aims to determine the reasons for sharenting on the @narayasekar_a Instagram account and its strategies for sharenting.
This research uses qualitative research methods with a netnography approach. Instagram became a research location that focused on the @narayasekar_a account. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and documentation. The data obtained were analyzed with three stages, namely data reduction, data presentation, and verification or conclusion drawing according to Miles and Hubermas.
The results showed that the reasons for the @narayasekar_a Instagram account to do sharenting are to form personal branding, the need to learn, entertainment, self-actualization, the need for economy, validation, attention, and social support. In addition, to create sharenting content, of course, the @narayasekar_a Instagram account has its own strategies such as time management to maximize the role as a housewife and content creator, establishing relationships with clients so that content runs smoothly, paying attention to children's education, sorting content, and building children's mood for content success. The sharenting practices that mothers often do certainly have their own reasons and strategies. Even so, in practicing sharenting, mothers must also pay attention to sharenting indicators so that it does not have a negative impact on children.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sharenting; Media Sosial; Instagram
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:25
Last Modified: 28 Aug 2024 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23673

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics