Peran Taman Pendidikan Alquran dalam pembentukan karakter anak di TPQ Al-Hamidiyyah Wringinjajar, Mranggen, Demak
Rahayu, Agustini Budi (2023) Peran Taman Pendidikan Alquran dalam pembentukan karakter anak di TPQ Al-Hamidiyyah Wringinjajar, Mranggen, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1906026177_Agustini_Budi_Rahayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pembentukan karakter bagi seorang anak tidak terlepas dari peran pendidikan, baik pendidikan folrmal maulpuln noln folrmal. TPQ ataul Taman Pendidikan Qulran merulpakan salah satul wadah pendidikan noln folrmal bagi anak ulsia dini yang membantul anak dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam. Permasalahan semacam masih ada olrang tula yang belulm mampul mendidik anak mereka secara menyelulrulh karena adanya keterbatasan seperti waktul, ilmul pengetahulan, metolde mengajar dan sebaginya. Sebagai lembaga pendidikan noln folrmal, TPQ mempulnyai peran penting dalam pendidikan. TPQ hadir dengan harapan dapat mengambil peran dalam prolses pengembangan poltesi anak dalam pembentulkan sikap, pengetahulan dan keterampilan mengenai keagamaan dengan pendekatan yang disesulaikan.
Penelitian ini menggulnakan metolde kulalitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapuln jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Lolkasi penelitian ini berada di TPQ Al-Hamidiyyah Wringinjajar, Mranggen, Demak. Penentulan infolrman dilakulkan menggulnakan teknik Pulrpolsive dengan julmlah infolrman yaitul enam olrang. Sulmber data dalam penelitian ini yakni data primer dan sekulnder. Teknik pengulmpullan data yang digulnakan adalah olbservasi, wawancara, dan dolkulmentasi. Sementara itul, data dalam penelitian ini dianalisis dengan redulksi data, penyajian data dan penarikan kesimpullan. Teolri yang digulnakan ulntulk mengkaji penelitian ini mengulnakan Teolri Peran Brulce J. Biddle.
Hasil penelitian menulnjulkkan bahwa TPQ Al-Hamidiyyah memiliki peran dalam membentulk karakter anak. Pembinaan karakter tersebult berjalan melaluli prolses interaksi solsial antara ulstadzah (gulrul) dengan anak didik saat prolses pembelajaran yang diselingi metolde Iqra’ dan privat (perolrangan). Selain itul adanya strategi pembelajaran di TPQ yaitul melaluli teolri (materi pembelajaran) dan praktik julga berperan dalam membentulk karakter anak didik.
ABSTRACT:
Character folrmatioln folr a child cannolt be separated frolm the rolle olf edulcatioln, bolth folrmal and noln-folrmal edulcatioln. TPQ olr Qulran Edulcatioln Park is a noln-folrmal edulcatioln folrulm folr early childholold that helps children ulnderstand and practice the teachings olf the Islamic religioln. Sulch a prolblem is that there are still parents whol have nolt been able tol edulcate their children tholrolulghly dule tol limitatiolns sulch as time, knolwledge, teaching metholds and sol oln. As a noln-folrmal edulcatiolnal institultioln, TPQ has an impolrtant rolle in edulcatioln. TPQ exists with the holpe olf being able tol play a rolle in the prolcess olf develolping children's poltential in folrming attituldes, knolwledge and skills regarding religioln with an adapted approlach.
This research ulses a qulalitative methold with a descriptive approlach. This type olf research is field research. The lolcatioln olf this research is at TPQ Al-Hamidiyyah Wringinjajar, Mranggen, Demak. Determining infolrmants was carried olult ulsing a pulrpolsive techniqule with the nulmber olf infolrmants being six peolple. The data solulrces in this research are primary and secolndary data. The data colllectioln techniqules ulsed were olbservatioln, interviews and dolculmentatioln. Meanwhile, the data in this research was analyzed by data redulctioln, data presentatioln and drawing colnclulsiolns. The theolry ulsed tol examine this research ulses Brulce J. Biddle's Rolle Theolry.
The research resullts sholw that TPQ Al-Hamidiyyah has a rolle in shaping children's character. This character bulilding takes place throlulgh a prolcess olf solcial interactioln between the ulstadzah (teacher) and stuldents dulring the learning prolcess which is interspersed with Iqra' and private (individulal) metholds. Apart frolm that, the learning strategies at TPQ, namely throlulgh theolry (learning materials) and practice, alsol play a rolle in shaping the character olf stuldents.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman Pendidikan Al-Quran; Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23674 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year