Pengaruh modal investasi dan literasi keuangan terhadap keputusan investasi saham syariah melalui perilaku keuangan sebagai variabel intervening : studi pada kelompok studi pasar modal UIN Walisongo

Saputra, Ahmad Senja (2023) Pengaruh modal investasi dan literasi keuangan terhadap keputusan investasi saham syariah melalui perilaku keuangan sebagai variabel intervening : studi pada kelompok studi pasar modal UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026024_Ahmad_Senja_Saputra] Text (Skripsi_1805026024_Ahmad_Senja_Saputra)
1805026024_Ahmad Senja Saputra_Lengkap Tugas Akhir - Irsal Iqsanudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh modal investasi dan literasi keuangan terhadap keputusan investasi saham syariah melalui perilaku keuangan sebagai variabel intervening (Studi Pada Kelompok Studi Pasar Modal UIN Walisongo). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 171 sampel dari keseluruhan populasi Kelompok Studi Pasar Modal UIN Walisongo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data yang diperoleh adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah path analysis meliputi model pengukuran (measurement model) atau outer model dan model struktural (structural model) atau inner model dengan bantuan Aplikasi SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modal investasi memiliki nilai positif akan tetapi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi. Literasi keuangan memiliki nilai positif dan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap perilaku keuangan. Perilaku keuangan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi. Modal investasi melalui perilaku keuangan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi. Literasi keuangan melalui perilaku keuangan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal investasi; literasi keuangan; keputusan investasi; perilaku keuangan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:45
Last Modified: 28 Aug 2024 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics