Hubungan hasil belajar PAI dengan sikap toleransi siswa kelas IX SMP Texmaco Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Firmansyah, Muhammad Hafidz (2023) Hubungan hasil belajar PAI dengan sikap toleransi siswa kelas IX SMP Texmaco Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016081_Muhammad Hafidz Firmansyah_Lengkap] Text (Skripsi_1703016081_Muhammad Hafidz Firmansyah_Lengkap)
Skripsi_1703016081_Muhammad Hafidz Firmansyah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan sikap toleransi siswa kelas IX SMP Texmaco Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara hasil belajar PAI dengan sikap toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (hasil belajar PAI siswa) dan variabel Y (sikap toleransi siswa).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Texmaco Semarang sejumlah 149 siswa. Pegambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling sehingga diperoleh 59 siswa yang diambil dari kelas IX B dan IX D. Kemudian sumber data yang diambil yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunkan metode pengumpulan data dokumentasi dan metode angket. Kemudian mengolah data yang telah didapat menggunakan rumus korelasi product moment sehinga dapat diketahui hasil dari penelitian ini.
Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitia ini adalah, hubungan hasil belajar PAI dengan Sikap Toleransi Siswa Kelas Ix Smp Texmaco Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023, diperoleh rerata hasil hasil belajar PAI sebesar 77 dan masuk dalam kategori “cukup” berada pada interval 72 – 81. Sikap toleransi siswa diperoleh rerata 81 dengan kategori “cukup” ditunjukkan pada interval 77 – 84. Uji normalitas kedua variabel diperoleh nilai signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) 0,077. Dari perhitingan tersebut diperoleh nilai signifikansi 0,077 > 0,05. Jadi dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Kemudian perhitungan uji linieritas kedua variabel diketahui hasil signifikansi devitiation from linierity sebesar 0,115 > 0,05 (5%) yang berarti memiliki hubungan yang linier.
Dari uji korelasi product moment diketahui nilai koefisiensi korelasi diperoleh nilai sebesar 0,745 dengan signifikansi p 0,001. Maka dapat diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PAI dengan sikap toleransi sisa dengan nilai p < 0,05 maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian Ha diterima dan H0 ditolak dengan kata lain semakin tinggi nilai PAI maka semakin tinggi pula nilai sikap toleransi siswa..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Toleransi; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:00
Last Modified: 28 Aug 2024 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23678

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics