Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap akhlak tercela pada siswa di SD Negeri 2 Banyuurip

Rafida, Kholifatul Aida (2023) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap akhlak tercela pada siswa di SD Negeri 2 Banyuurip. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016107_Kholifatul Aida Rafida_Lengkap] Text (Skripsi_1703016107_Kholifatul Aida Rafida_Lengkap)
Skripsi_1703016107_Kholifatul Aida Rafida_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya kebiasaan penggunaan gadget oleh anak-anak jaman sekarang yang serba digital, khususnya anak-anak siswa SD Negeri 2 Banyuurip dalam kehidupan sehari-hari. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan gadget pada hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti bermain game, mengakses youtube sampai berjam-jam hingga lupa waktu, mudah emosi ketika orang tua memberi nasehat. Sehingga hal ini dikhawatirkan akan memberikan efek yang kurang baik bagi mereka terutama pada akhlak mereka.
Penelitian ini betujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana intensitas penggunaan gadget oleh siswa di SD Negeri 2 Banyuurip Ngampel Kendal (2) Bagaimana akhlak siswa di SD Negeri 2 Banyuurip Ngampel Kendal (3) Bagaimana pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap akhlak tercela pada siswa di SD Negeri 2 Banyuurip Ngampel Kendal. Penelitian ini merupakan penelitin lapangan (field Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan angket sebagai instrument untuk memperoleh data X dan Y kemudian dianalisis dengan tehnik regresi linier sederhana dan diuji dengan uji t untuk mengetahui taraf nyata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Intensitas penggunaan gadget mempunyai nilai rata-rata sebesar 57,87, termasuk kategori “tinggi” yaitu berada pada interval 56-64. 2) Sedangkan, nilai rata-rata akhlak sebesar 53,44, termasuk dalam kategori “rendah”, yang berada di interval 46-54. 3) Berdasarkan data dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variable X (Intensitas Pengguaan gadget ) terhadap variable Y (Akhlak Tercela), hal ini di buktikan dengan nilai F hitung = 8,716 dengan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,004< 0,05 dengan N= 63. Adapun nilai kontribusi variabel X terhadap variabel y sebesar 12,5 % sedangkan 87,5% merupakan faktor yang mempengaruhi Akhlak yang belum diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Gadget; Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:06
Last Modified: 28 Aug 2024 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23679

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics