Pembiasaan karakter religius pada siswa-siswi SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Kabupaten Tegal

Azwar, Iqbal Nazarudin (2024) Pembiasaan karakter religius pada siswa-siswi SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016184_Iqbal Nazarudin Azwar_Lengkap] Text (Skripsi_1703016184_Iqbal Nazarudin Azwar_Lengkap)
Skripsi_1703016184_Iqbal Nazarudin Azwar_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan maraknya tindakan penyimpangan sosial yang dilakukan oleh siswa, seperti tawuran antar siswa, kekerasan terhadap guru, dan berbagai tindakan menyimpang lainnya. Fenomena ini menggambarkan kegagalan proses pendidikan (khususnya pendidikan karakter) di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa karakter merupakan permasalahan mendesak dalam dunia pendidikan yang harus segera dicari solusinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mencari solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembiasaan karakter religius di SMP Takhassus Al-Qur'an Tarub Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan studi analisis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik penentuan sampel sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, perwakilan bidang kurikulum, perwakilan bidang kesiswaan, guru mata pelajaran PAI, dan siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui pembiasaan karakter religius yang terintegrasi dalam mata pelajaran, integrasi dalam muatan lokal, dan melalui kegiatan pengembangan diri seperti yang dilaksanakan di SMP Takhassus Al-Qur'an Tarub, dapat mengembangkan keberagamaan karakter siswa yang mengarahkannya pada berbagai perilaku positif, bahkan keberhasilan dalam meraih prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; Karakter religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:31
Last Modified: 28 Aug 2024 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23682

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics