Peran umkm batik mangrove srikandi pantura dalam pemberdayaan ekonomi perempuan : di Desa Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang)

Farikhatunnisa, Ella (2023) Peran umkm batik mangrove srikandi pantura dalam pemberdayaan ekonomi perempuan : di Desa Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026067_Ella_Farikhatunnisa] Text (Skripsi_1805026067_Ella_Farikhatunnisa)
1805026067_ELLA FARIKHATUNNISA_FULL_SKRIPSI - Ella Farikha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Peran UMKM terhadap perekonomian masyarakat Indonesia mempunyai kontribusi yang sangat besar terlebih dalam meningkatkan pendapatan. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mempunyai fungsi yang urgensinya untuk memajukan perekonomian di Indonesia. Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, UMKM juga berfungsi untuk memperbaiki laju pertumbuhan ekonomi. Saat ini, UMKM batik mangrove di mangunharjo sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat terutama para perempuan, tidak hanya meningkatkan income bagi mereka akan tetapi juga memberikan pengetahuan kepada mereka terhadap pengelolaan limbah mangrove di UMKM tersebut. Pendidikan yang masih rendah dan kurang nya penguasaan skill terhadap satu bidang mengakibatkan mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan di luar sana. Keberadaan UMKM ini tentunya memiliki peran yang cukup dinamis terhadap peningkatan ekonomi serta mengasah ketrampilan wanita yang tinggal di sekitaran wilayah mangunharjo. Hasil penelitian ini membuktikan jika hadirnya UMKM ini membantu dalam peningkatan perekonomian karyawan UMKM, serta menjadi sumber pengetahuan bagi mereka mengenai bagaimana ber-UMKM, mengelola limbah mangrove, dan juga peningkatan mutu perempuan, yang mana perempuan dapat diberdayakan. Tujuan diperdayakannya perempuan ialah agar mendukung sikap untuk terus menumbuhkan kesadaran perempuan terkait kesetaraan gender supaya dapat meningkatkan kemampuan yang ada pada dirinya, sehingga perempuan bisa mandiri dan berkontribusi dalam pembangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: UMKM; pemberdayaan ekonomi perempuan; mangrove
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:52
Last Modified: 28 Aug 2024 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23685

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics