Implementasi metode al-miftah lil ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning Di MA Matholi’ul Anwar Lamongan

Kholil, Muhammad (2023) Implementasi metode al-miftah lil ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning Di MA Matholi’ul Anwar Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016006_Muhammad Kholil_Lengkap] Text (Skripsi_1803016006_Muhammad Kholil_Lengkap)
Skripsi_1803016006_Muhammad Kholil_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning 2) untuk mengetahi hambatan-hambatan yang terjadi pada proses implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum di MA Matholi’ul Anwar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan tiga teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum adalah: a) kegiatan pendahuluan meliputi guru mengucapkan salam, memimpin doa, dan membaca nadhoman. b) kegiatan inti meliputi guru mengulas materi yang telah dipelajari, guru menjelaskan materi pelajaran, dan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. c) kegiatan penutup meliputi guru menyimpulkan materi dan membaca doa bersama. 2) hambatan-hambatan dalam pembelajaran kitab kuning menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum adalah: a) siswa kesulitan membaca tulisan pegon, b) kejenuhan yang dialami siswa, c) guru kesulitan memahami kemampuan siswa dan d) guru kesulitan mengendalikan kelas dalam hal memotivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode al- Miftah; Kitab kuning; MA Matholi’ul Anwar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:53
Last Modified: 28 Aug 2024 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics