Nilai-nilai akhlak dalam film animasi nussa rara dan implikasinya dalam pendidikan keluarga muslim

Jannah, Siti Nur Khotimatun (2023) Nilai-nilai akhlak dalam film animasi nussa rara dan implikasinya dalam pendidikan keluarga muslim. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016018_Siti Nur Khotimatun Jannah_Lengkap] Text (Skripsi_1803016018_Siti Nur Khotimatun Jannah_Lengkap)
Skripsi_1803016018_Siti Nur Khotimatun Jannah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Nilai-Nilai Akhlak dalam Film Animasi Nussa Rara dan Implikasinya dalam Pendidikan Keluarga Muslim. Tujuan dalam penlitin ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai akhlak apa saja yang terkandung dalam film animasi Nussa Rara dan implikasinya dalam pendidikan keluarga muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data primer yakni scane dari film animasi Nussa Rara pada episode “Tak Bisa Balas”, “Senyum Itu Sedekah”, “Jangan Sombong”, “Gratis Pahala”, dan “Jaga Amanah Part 2”. Data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku pustaka, artikel, jurnal, website, dan skripsi yang berhubungan dengan objek pembahasan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) milik Krippendorf.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam film animasi Nussa Rara, yaitu nilai tanggung jawab, pemaaf, kasih sayang, kerendah hatian dan kedermawanan. 2) Implikasi pendidikan keluarga Muslim pada film animasi Nussa Rara yaitu: Pendidikan akhlak keluarga melalui pemahaman berdampak baik bagi sikap anak dalam kesehariannya, dengan cara orang tua memberikan pemahaman kepada anak tentang dampak positif maupun negatif suatu akhlak, Pendidikan akhlak keluarga dilaksanakan melalui keteladanan berdampak baik pada perilaku anak, dengan cara orang tua memberikan contoh yang baik dan mengajak anak untuk melakukan kebaikan, Pendidikan akhlak keluarga melalui pembiasaan berdampak baik bagi sifat dan sikap anak, dilakukan dengan cara orang tua membiasakan anak untuk melakukan kebaikan-kebaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai akhlak; Film animasi; Pendidikan keluarga; Muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:28
Last Modified: 28 Aug 2024 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23689

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics