Pembinaan akhlak anak di keluarga petani kelapa sawit di Sukorejo Seruyan Tengah Kalimantan Tengah

Hanafi, Riski (2023) Pembinaan akhlak anak di keluarga petani kelapa sawit di Sukorejo Seruyan Tengah Kalimantan Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016025_Riski Hanafi_Lengkap] Text (Skripsi_1803016025_Riski Hanafi_Lengkap)
Skripsi_1803016025_Riski Hanafi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang keluarga petani kelapa sawit pembinaan akhlak anak di lingkungan masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Seruyan Tengah Kabupaten Seryan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian yang akan dikaji yaitu: (1). Bagaimana pembinaan akhlak anak di keluarga petani kelapa sawit di RT 013/RW 004 Desa Sukorejo, Seruyan Tengah, Kalimantan Tengah (2)Apa saja faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak anak di keluarga petani kelapa Sawit di RT 013/RW 004 Desa Sukorejo, Seruyan Tengah, Kalimantan Tengah (3). Bagaimana hasil pembinaan akhlak anak di keluarga petani kelapa sawit di RT 013/RW 004 Desa Sukorejo, Seruyan Tengah, Kalimantan Tengah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses pembinaan akhlak anak melalui metode, antara lain: a) Metode keteladanan yang baik.; b) Metode pembiasaan.; c) Metode nasihat.; d)Metode larangan.; e) Metode motivasi atau Targhib.; f) Metode Tarhib.; g) Metode pengawasan. (2) Faktor yang memengaruhi proses pembinaan akhlak yaitu ilmu pengetahuan orang tua, perhatian orang tua. (3) Hasil pembinaan akhlak anak di keluarga petani kelapa sawit Desa Sukorejo, Seruyan Tengah, Kalimantan Tengah tersbut yaitu: anak lebih taat dan patuh kepada kedua orang tua, anak lebih sadar kewajibannya tanpa disuruh dan dipaksa seperti mengaji dan belajar, anak lebih mudah diberikan arahan dan ansehat yang baik, anak tidak mengucapkan kata-kata kotor dalam kesehariannya, bisa menghormati orang yang lebih tua dan sopan dalam kesehariannya, anak terbiasa berperilaku jujur dalam kesehariannya dan berani mengakui kesalahannya. Namun pembinaan akhlak anak oleh keluarga petani kelapa sawit belum maksimal dimana masih ada anak yang meninggalkan sholat lima waktu, anak mudah terpengaruh teman-temannya yang kurang baik disekelilingnya sehingga suka bergerombol tanpa ada tujuan, masih SD sudah mengendarai motor dengan kebut-kebutan dimana motor yang digunakan menggunakan kenalpot bising, yang lebih parahnya ada anak yang emosinya labil sehingga suka membantah ketika diberikan nasehat oleh orang tuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Anak; Petani
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:37
Last Modified: 28 Aug 2024 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23691

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics