Pengaruh budaya religius dan motivasi belajar terhadap hasil kognitif belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti SDN Ngaliyan 01 Semarang

Azhari, Silvia (2023) Pengaruh budaya religius dan motivasi belajar terhadap hasil kognitif belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti SDN Ngaliyan 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016066_Silvia Azhari_Lengkap] Text (Skripsi_1803016066_Silvia Azhari_Lengkap)
Skripsi_1803016066_Silvia Azhari_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh antara budaya religius dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Idlam di SDN Ngaliyan 01 Semarang. Penelitian ini ditujukan untuk mencari: 1) pengaruh antara budaya religius (X1) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y); 2) pengaruh antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam (Y); 3) pengaruh budaya religius dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SDN Ngaliyan 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan cara perhitungsn menggunakan statistik inferensial.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan cara perhitungan menggunakan statistik inferensial. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini mengunakan Teknik purposive sampling, sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen tes, angket untuk menggali data tentang budaya religius (X1), motivasi belajar (X2) dan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam dan budi pekerti (Y). semua data yang telah terkumpul dan dianalisis dengan pendekatan kuantitatif analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda untuk mrnguji hipotesis yang diajukan.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara buddaya religius (X1) dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam (Y) di SDN Ngaliyan 01 Semarang dengan nilai R Square = 0,100, bermakna H1 diterima dan dinyatakan memiliki pengaruh sebesar 100%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam (Y) di SDN Ngaliyan 01 Semarang dengan nilai R Square = 0,310, bermakna H1diterima dan dinyatakan memiliki pengaruh sebesar 31%; (3) terdapat pengaruh antara budaya religius (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam (Y) di SDN Ngaliyan 01 Semarang dengan nilai R Square = 0,362, bermakna pengaruh sebesar 36,2%, dan tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel (Fhitung = 20,704 > Ftabel = 3,12).
Diharapkan budaya religius dan motivasi belajar yang dimiliki setiap siswa dapat meningkatkan keberhasilan belajar yang baik terutama pada pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya religius; Motivasi belajar; Hasil belajar; Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:31
Last Modified: 28 Aug 2024 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23697

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics