Cooperative learning tipe team games tournament sebagai metode peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) materi Khalifah Ali bin Abi Thalib siswa kelas VI MI Arrosyidin Pancuranmas Secang Magelang semester genap tahun pelajaran 2010/2011
Setiawan, Zaenal Abidin (2011) Cooperative learning tipe team games tournament sebagai metode peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) materi Khalifah Ali bin Abi Thalib siswa kelas VI MI Arrosyidin Pancuranmas Secang Magelang semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111133_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (596kB) | Preview
093111133_bab1.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
093111133_bab2.pdf - Accepted Version
Download (102kB) | Preview
093111133_bab3.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
093111133_bab4.pdf - Accepted Version
Download (69kB) | Preview
093111133_bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
093111133_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengulas penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang dilatarbelakangi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI yang masih rendah Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan metode cooperative learning tipe team games tournament. pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi pelajaran Khalifah Ali bin Abi Tholib. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui metode cooperative learning tipe team games tournament.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan pada siswa kelas VI MI Arrosyidin Pancuranmas, Secang, Magelang. Data penelitian diperoleh dengan cara tes, observasi, dokumentasi dan wawancara bebas. konsentrasi kajian penelitian ini adalah hasi belajar siswa yang terdiri dari rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal.
Penelitian ini terbagi dalam dua siklus yang diawali dengan observasi dan analisis hasil belajar siswa sebagai kegiatan prasiklus. Data Prasiklus yang diperoleh adalah rata-rata kelas 48,00 dan persentase ketuntasan klasikal 26,67 %. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat 13,67 menjadi 61,67 dan ketuntasan klasikal meningkat 40 % menjadi 66,67 % hal ini berarti untuk ketuntasan klasikal belum dapat mencapai indikator ketercapaian sekurang-kurangnya 70 %. Dari siklus II diperoleh hasil rata-rata kelas mencapai 72,67 dan ketuntasan klasikal sebesar 86,67 %. Data siklus II dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat mencapai indikator kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Cooperative Learning; Team Games Tournament; Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 00:58 |
Last Modified: | 15 Jul 2014 00:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2370 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year