Pembentukan karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka di MTS Hidayatus Syubban Semarang

Kartubi, Alya Alvatia (2023) Pembentukan karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka di MTS Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016109_Alya Alvatia Kartubi_Lengkap] Text (Skripsi_1803016109_Alya Alvatia Kartubi_Lengkap)
Skripsi_1803016109_Alya Alvatia Kartubi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang pembentukan karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Hidayatus Syubban Semarang yang dilatar belakangi oleh nilai-nilai disiplin siswa yang semakin memudar. Padahal siswa harus tetap melakukan hal-hal yang baik dan benar serta menjauhi hal-hal negatif seperti halnya berlaku disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan pramuka di MTs Hidayatus Syubban Semarang. 2) Bagaimanakah pembentukan karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Hidayatus Syubban Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini berasal dari wawancara dengan Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, dan Peserta didik, dan dokumen serta observasi kegiatan pramuka. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pramuka di MTs Hidayatus Syubban Semarang yaitu latihan rutin. Beberapa kegiatan pramuka yang digunakan untuk membentuk karakter disiplin siswa yaitu dengan apel pembukaan, pembacaan asma’ul husna, dan shalat ashar berjamaah. Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Hidayatus Syubban Semarang telah berhasil dilaksanakan, dibuktikan dengan peserta didik yang telah hafal asma’ul husna, terbiasa melaksanakan shalat tepat waktu, dan bisa mentaati peraturan meskipun karena takut terhadap sanksi atau hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter; Disiplin; Pramuka
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:51
Last Modified: 28 Aug 2024 04:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics