Efektivitas media video animasi nussa dalam meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang

Digtha, Vella Namira (2023) Efektivitas media video animasi nussa dalam meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016119_Vella Namira Digtha_Lengkap] Text (Skripsi_1803016119_Vella Namira Digtha_Lengkap)
Skripsi_1803016119_Vella Namira Digtha_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran dalam jangka waktu yang lama dan banyaknya materi yang harus dipelajari oleh peserta didik menimbulkan minat peserta didik menurun, salah satu penyebabnya adalah media pembelajaran kurang variatif, maka diperlukan media pembelajaran untuk membantu kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan serta minat dan kemampuan peserta didik meningkat terutama dalam mengingat dan memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Video Animasi Nussa Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Miftahul Aklaqiyah Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only, nonequaivalent control group design. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada kelas IV dengan jumlah 51 siswa, dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan posttest sebagai alat pengumpul data yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk menguji hipotesis. Hasil yang diperoleh diolah dengan bantuan Software SPSS for Windows 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi Nussa efektif dalam meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran pendidikan agama Islam hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (76,80) lebih tinggi daripada kelas kontrol (69,81) dan hasil uji-t didapatkan nilai signifikansi (sig 2-tiled) adalah 0,045 < 0,05 serta hasil perhitungan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2,057 > 2,010.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,; Video animasi; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:08
Last Modified: 28 Aug 2024 06:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23702

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics