Pengaruh penerapan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTS Miftahus Sa’adah Mijen Semarang

Albab, Mohammad Nabil Ulil (2023) Pengaruh penerapan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTS Miftahus Sa’adah Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016145_Mohammad Nabil Ulil Albab_Lengkap] Text (Skripsi_1803016145_Mohammad Nabil Ulil Albab_Lengkap)
Skripsi_1803016145_Mohammad Nabil Ulil Albab_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Banyak varian metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menyesuaikan beberapa hal, kondisi di lapangan menunjukkan keadaan siswa yang sering merasa jenuh dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning dengan metode inquiry pelajaran SKI di MTs Miftahus Sa'adah Mijen Semarang dan adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan penerapan Contextual Teaching and Learning metode inquiry dengan siswa kelas kontrol dengan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dengan desain quasy experiment design (rancangan eksperimen semu), yaitu non-equivalent control group design. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test diketahui jumlah data hasil belajar siswa eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Dengan nilai rata-rata post test hasil belajar kelas eksperimen (CTL) sebesar 86,20, sementara kelas kontrol (konvensional) sebesar 71,33. Hasilnya nilai post test kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai post test kelas kontrol (86,20 > 71,33). Dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat pengaruh dalam meningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam MTs Miftahus Sa’adah Mijen Semarang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching and learning; Hasil belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:30
Last Modified: 28 Aug 2024 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics