Akulturasi budaya dan agama: studi nilai-nilai pendidikan Islam dalam sedekah bumi di Desa Sirahan Cluwak Pati

Mukhoyyar, Rifqi (2023) Akulturasi budaya dan agama: studi nilai-nilai pendidikan Islam dalam sedekah bumi di Desa Sirahan Cluwak Pati. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016149_Rifqi Mukhoyyar_Lengkap] Text (Skripsi_1803016149_Rifqi Mukhoyyar_Lengkap)
Skripsi_1803016149_Rifqi Mukhoyyar_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Jawa adalah masyarakat yang mayoritas beragama Islam dan senantiasa melestarikan budaya mulai dari budaya yang sejalan maupun yang bertentangan dengan Islam. Hubungan antara Islam dengan budaya Jawa dapat dikatakan sebagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, yang sama-sama menetukan sebuah nilai. Islam yang datang dan berkembang di Jawa dipengarui oleh kultur atau budaya Jawa, sementara budaya Jawa semakin diperkaya dengan khazanah Islam. Adanya proses akulturasi budaya antara Budaya Jawa dengan Islam menghasilkan berbagai budaya baru seperti halnya tradisi sedekah bumi. Sedekah bumi merupakan upacara adat yang di lakukan masyarakat Jawa untuk menujukkan rasa syukur manusia kepada Allah SWT atas rezeki yang telah di berikan melalui bumi (tanah) berupa berbagai macam hasil bumi.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana proses pelaksanaan sedekah bumi di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. 2) Apa saja nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi sedekah bumi di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pendekatan analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yaitu menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok atau situasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan sedekah bumi terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yaitu: 1) Nilai ibadah yaitu berupa syukur kepada Allah atas hasil bumi yang melimpah dan nilai ibadah juga berupa ibadah-ibadah yang disandarkan kepada Allah berupa munajat do'a bersama, bersholawat, dan menuntut ilmu dari tausiyah yang diadakan, dan juga nilai sedekah dengan membagikan makanan kepada sesama berupa makanan khas sedekah bumi yaitu tape dan gemblong serta hasil bumi lainnya seperti buah-buahan dan sayuran kepada sanak. 2) Nilai Aqidah berupa keyakinan warga desa Sirahan bahwa hanya Allah SWT lah yang patut disembah dan hanya Allah SWT lah yang mampu memberikan segala sesuatunya 3) nilai Akhlaq berupa kerukunan bermasyarakat dan silaturahmi. 4) Nilai Sosial yang dapat dilihat dari sikap warga desa Sirahan melakukan berbagai persiapan sedekah bumi secara bersama-sama dan bergotong royong agar budaya sedekah bumi di desa Sirahan senantiasa terjaga dan lestari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Akulturasi budaya; Agama; Pendidikan Islam; Sedekah bumi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:41
Last Modified: 28 Aug 2024 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23706

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics