Implementasi Peraturan Daerah Kota Semarang No 4 Tahun 2018 Tentang Pajak Hotel : studi kasus kepatuhan pembayaran pajak oleh pemilik kos lebih dari sepuluh kamar di Kota Semarang

Devintasari, Mutiara (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kota Semarang No 4 Tahun 2018 Tentang Pajak Hotel : studi kasus kepatuhan pembayaran pajak oleh pemilik kos lebih dari sepuluh kamar di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056023_MUTIARA_DEVINTASARI] Text (SKRIPSI_1902056023_MUTIARA_DEVINTASARI)
1902056023_Mutiara Devintasari_full - Mutiara Devinta.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kepatuhan wajib pajak orang pribadi sangat diperlukan dalam membantu pemerintah dalam upaya peningkatan penerimaan negara dari segi pajak. Edukasi dari pemerintah dilakukan secara rutin dengan sosialisasi langsung ke wajib pajak untuk peningkatan pengetahuan, melaksanakan sosialisasi peraturan perpajakan termasuk sanksi perpajakan untuk mengupdate informasi pajak. Fenomena ini dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak. Pajak kos diterapkan dengan menggunakan Self Assessment system, yang artinya sistem pemungutan pajak yang memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada wajib pajak untuk menghitung, memperhitungkan, menyetor dan melaporkan sendiri pajak terutang. Kesadaran wajib pajak merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak kos dalam membayar pajak. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif empiris. yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ditempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Peraturan Daerah No 4 Tahun 2018 tentang Pajak Hotel sudah terlaksana dengan baik dan masyarakat patuh akan kewajibannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bapenda Kota Semarang sudah melaksanakan Peraturan Daerah No 4 Tahun 2018 tentang pajak hotel. Namun memang belum 100% berjalan secara maksimal, hal ini diperkuat dengan adanya penelitian langsung kepada responden yaitu pemilik rumah kos lebih dari sepuluh kamar. Adapun hasil penelitian dengan pemilik rumah kos yang memiliki lebih dari sepuluh kamar, didapatkan hasil bahwa sebagian besar pemilik rumah kos belum mengetahui akan adanya peraturan tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kesadaran akan pajak sangatlah berpengaruh akan kepatuhan dari para wajib pajak untuk dapat melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pajak; Kepatuhan; Kebijakan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:51
Last Modified: 28 Aug 2024 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics