Studi deskriptif tentang kemampuan guru membuat apersepsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus
Abdurrahman, Abdurrahman (2011) Studi deskriptif tentang kemampuan guru membuat apersepsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
09311197_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (598kB) | Preview
09311197_bab1.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
09311197_bab2.pdf - Accepted Version
Download (120kB) | Preview
09311197_bab3.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
09311197_bab4.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
09311197_bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
09311197_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan guru-guru MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam membuat apersepsi pada pembelajaran PAI; (2) menelaah kesulitan guru-guru MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam membuat apersepsi pada pembelajaran PAI ; dan (3) mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan guru-guru MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam membuat apersepsi pada pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan grounded theory (Teori Dari Bawah/ TDB) dengan metode perbandingan tetap (constant comparative method), yaitu dalam analisis data secara tetap membandingkan satu datum dengan datum yang lain, dan kemudian secara tetap membandingkan kategori dengan kategori lainnya. Analisis data kualitatif menggunakan langkah-langkah: (1) Pengumpulan Data (Data Collection); (2) Mereduksi Data (Data Reduction); dan (3) Penampilan Data (Data Display).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru-guru PAI di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus telah berusaha membuat apersepsi pada pendahuluan pembelajaran; (2) guru-guru PAI di MTs NU Khoiriyah masih menjumpai kesulitan dalam pelaksanaan apersepsi; dan (3) faktor kesulitan Guru PAI di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus dalam pelaksanaan apersepsi diantaranya adalah: (a) kemampuan awal yang dimiliki anak didik masih kurang sehingga menyulitkan guru dalam melakukan eksplorasi; (b) usia anak yang masih belia kurang bisa melakukan asosiasi; (c) pengalokasian waktu pembelajaran kurang tepat; dan (d) penggunaan metode pembelajaran kurang beragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 01:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2014 01:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2372 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year