Pengembangan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar fiqih bab haji kelas V MI di Kota Semarang
Humaira, Nur Aisyah (2023) Pengembangan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar fiqih bab haji kelas V MI di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903016005_Nur Aisyah Humaira_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan dalam pembelajaran Fiqih yaitu masih terdapat siswa yang memperoleh hasil yang rendah. Timbulnya permasalahan diakibatkan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan ketika mengikut pembelajaran mengakibatkan sulitnya memahami materi. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar, salah satunya dengan pengembangan media pop-up book.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa dalam pengembangan media pop-up book, (2) Menjelaskan proses pengembangan media pop-up book, dan (3) Menganalisis efektivitas media pop-up book untuk pembelajaran Fiqih Bab Haji kelas V MIN Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian Hannafin dan Pack. Teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan tes uji lapangan.
Hasil penelitian ini: 1) Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media pop-up book menunjukan bahwa MI Kota Semarang menyatakan setuju apabila ada pengembangan media pop-up book untuk. 2) Pengembangan media pop-up book berbentuk buku terdiri dari: halaman sampul, KI&KD, petunjuk penggunaan, materi, games, soal evaluasi, dan profil pengembang.3) Hasil efektifitas media pop-up book tingkat signifikansi 95% terdapat bukti bahwa dengan taraf signifikansi Sig < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ada perbedaan rata-rata antara hasil pembelajaran Fiqih bab Haji pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran Fiqih Bab Haji untuk siswa kelas V MIN Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Pop-up book; Fiqih; Haji |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23720 |