Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan literasi keagamaan peserta didik di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang

Nisa, Siti Marufatun (2023) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan literasi keagamaan peserta didik di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016006_Siti Ma_rufatun Nisa_Lengkap] Text (Skripsi_1903016006_Siti Ma_rufatun Nisa_Lengkap)
Skripsi_1903016006_Siti Ma_rufatun Nisa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Literasi keagamaan dapat diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan pendidik untuk memberi bimbingan kepada yang terdidik dalam mengakses, memahami dan menggunakan berbagai bentuk teks, media, dan sistem simbol dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya menuju arah kehidupan yang lebih, baik bersifat formal, informal, dan non formal. Dengan begitu peserta didik mampu beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan dan budaya sekitarnya.
Peneilitian bertujan mengungkap upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi keagamaan siswa dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan literasi keagamaan. Penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. Sumber data utama yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, pustakawan, siswa kelas VIII, dan sumber data tambahan berupa dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pembiasaan literasi dengan jadwal yang berbeda, tahap pengembangan, tahap pembelajaran dan penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) membaca 15 menit sebelum pembelajaran, (2) upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam beragam, seperti membaca materi sebelum pembelajaran dimulai, dilakukan apersepsi, diskusi bersama, setoran hafal, dan melakukan pembelajaran di luar kelas; (3) faktor pendukung dari pemerintah, orang tua, guru, serta sarana dan prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal yaitu dari dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Literasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:15
Last Modified: 29 Aug 2024 01:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23722

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics