Persepsi masyarakat dalam pembelian produk kosmetik halal : studi kasus pengguna Scarlett Whitening di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Sulaeni, Nafi (2023) Persepsi masyarakat dalam pembelian produk kosmetik halal : studi kasus pengguna Scarlett Whitening di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026042_Nafi_Sulaeni] Text (Skripsi_1905026042_Nafi_Sulaeni)
1905026042_Nafi Sulaeni_Full Skripsi - nafi sulaeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tren halal saat ini tidak hanya merambat pada makanan saja, namun juga ke banyak sektor lain yang telah menerapkan konsep halal, termasuk kosmetik. Penggunaan kosmetik halal menjadi pilihan bagi generasi milenial untuk membeli produk kecantikan. Disinilah kesadaran masyarakat harus terus di tingkatkan terlebih tentang keamanan produk kosmetik yang digunakan. Hal ini membuat masyarakat kini semakin kritis dalam membeli produk-produk kosmetik yang akan dipakainya terutama pada masyarkat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat dalam pembelian produk kosmetik halal di Kelurahan Penggaron Kidul dan untuk mengetahui faktor yang menjadi pertimbangan persepsi masyarakat dalam pembelian produk kosmetik halal di Kelurahan Penggaron Kidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Penggaron Kidul yang menggunakan produk scarlett whitening. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan pembelian produk kosmetik halal, masyarakat di Kelurahan Penggaron Kidul memperoleh persepsi sebagai berikut: a. Persepsi masyarakat tentang produk kosmetik halal adalah kosmetik yang tidak mengandung bahan haram, aman digunakan, terdapat label halal, sesuai dengan syariat islam dan, memiliki berbagai macam varian produk. b. Persepsi masyarakat tentang citra merek kosmetik halal adalah kosmetik yang sudah memiliki izin BPOM, aman saat digunakan, dapat mencerahkan kulit, memiliki kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, serta kemasannya yang unik. c. Persepsi masyarakat tentang kriteria memilih kosmetik halal adalah dengan memperhatikan kehalalan produk, adanya gambar atau logo dan tulisan halal yang tercantum dalam kemasan. Dan faktor yang menjadi pertimbangan persepsi masyarakat di Kelurahan Penggaron Kidul dalam pembelian produk kosmetik halal adalah adanya faktor internal yang meliputi minat, dan kebutuhan individu terhadap produk kosmetik halal dan faktor eksternal yang didorong oleh pengaruh lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Keputusan Pembelian, Produk Kosmetik Halal
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:23
Last Modified: 29 Aug 2024 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23723

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics