Peranan home industri mebel dalam penyerapan tenaga kerja di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro

Asari, Amadhea Zahidah Nindya (2023) Peranan home industri mebel dalam penyerapan tenaga kerja di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026054_Amadhea_Zahidah_Nindya_Asari] Text (Skripsi_1905026054_Amadhea_Zahidah_Nindya_Asari)
1905026054_Amadhea Zahidah Nindya Asari_Full Skripsi - nafi sulaeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: yang pertama, Bagaimana peranan home industri mebel dalam Penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bojonegoro? Dan yang kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat home industri mebel dalam penyerapan tenaga kerja?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan home industri mebel dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bojonegoro, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat home industri mebel dalam penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk mengetahui bagaimana peranan home industri mebel dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bojonegoro. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder, dan teknik dalam pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif .
Hasil penelitian menyebutkan bahwa home industri ini memiliki peran dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bojonegoro yang mana setiap tahunnya semakin meningkat, rata-rata penyerapan tenaga kerja pertahun sekitar 30-40orang dengan pegawai tetapnya berjumlah rata-rata 100 orang, jumlah ini sangat membantu dalam mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Adapun faktor pendukung yaitu: strategi pemerintah dalam pemasaran produk sentra mebel yang ada di Desa Sukorejo dan adanya kayu di Perhutani yang dapat membantu pengusaha untuk mempermudah para pengusaha untuk mendapatkan bahan baku kayu dan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya komunikasi antara pekerja dan pengusaha yang menjadikan mereka kesusahan mencari tenaga kerja ketika membutuhkan atau sebaliknya, berkurangnya sumber daya manusia yang minat dalam pekerjaan tukang kayu dalam masa yang akan mendatang, semakin menipisnya kayu di hutan jika pihak Perhutani tidak melakukan reboisasi, dan kurangnya pelatihan yang diadakan oleh dinas terkait untuk mengambangkan skill para tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Home industri; mebel; tenaga kerja
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:40
Last Modified: 29 Aug 2024 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23726

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics