Efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang

Hasibuan, Aqrina halomoan (2024) Efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016014_Aqrina halomoan Hasibuan_Lengkap] Text (Skripsi_1903016014_Aqrina halomoan Hasibuan_Lengkap)
Skripsi_1903016014_Aqrina halomoan Hasibuan_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dan hasil pembelajaran PAI dengan menggunakan media video animasi di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain eksperimen Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequeivalent Control Group Design yang artinya mengharuskan adanya kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan semua anggota populasi yang berjumlah 60 orang diambil sebagai sampel peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan media video animasi di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang dimulai dari pembacaan doa sebelum belajar, pengulangan materi sebelumnya lalu dilanjutkan dengan memutarkan video animasi tentang pelajaran Asmaul Husna. Setelah pemutaran video animasi dilakukan, guru melanjutkan dengan memberikan penjelasan materi lalu memberikan waktu istirahat selama 10 menit sebelum dilakukan evaluasi. Tahap evaluasi dengan memberikan secarik kertas yang berisi soal evaluasi yang terdiri dari 25 soal. Lalu guru menutup pelajaran dengan membacakan doa dan mengucapkan salam. 2) Hasil perhitungan dari nilai post-test pembelajaran menggunakan media video animasi menunjukkan bahwa rata-rata kelas kontrol sebesar 70,667 dan kelas eksperimen sebesar 83,4667 dengan nilai standar deviasi kelas kontrol yaitu 14,1063 dan kelas eksperimen 9,7263. Pengujian hipotesis pada tahap akhir menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Sehingga hasil hipotesisnya adalah Ha: terdapat perbedaan dari rata-rata post-test kelas kontrol dan eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video animasi mampu meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang, daripada pembelajaran yang bersifat konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media; Video animasi; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:55
Last Modified: 29 Aug 2024 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23731

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics