Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota di KSPPS Anugerah Parakan Temanggung

Mubarokah, Laila Nisfi (2023) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota di KSPPS Anugerah Parakan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026062_Laila_Nisfi_Mubarokah] Text (Skripsi_1905026062_Laila_Nisfi_Mubarokah)
1905026062_Laila Nisfi Mubarokah_Lengkap Tugas Akhir - Laila Nisfi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang memiliki peranan penting bagi masyarakat. Koperasi simpan pinjam bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur. Para pelaku koperasi berlomba- lomba untuk menarik perhatian masyarakat agar dapat mewujudkan tujuan koperasi tersebut. Salah satu cara untuk memenangkan pasar adalah melalui bauran pemasaran yang dikenal dengan konsep 4P yakni product, price, place, dan promotion.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh product, price, place dan promotion terhadap keputusan masyarakat menjadi anggota di KSPPS Anugerah Parakan Temanggung . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini ialah anggota KSPPS Anugerah Parakan Tahun 2022. Metode pengumpulan data nya menggunakan kuisioner dengan sampel 98 orang responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS. Analisis ini meliputi uji instrumen (uji reliabilitas dan uji validitas), analisis regresi linear berganda, uji statistik (uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R2 )), dan uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas). Hasil uji T menunjukkan bahwa product berpengaruh positif keputusan masyarakat, price berpengaruh positif terhadap keputusan masyarakat, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat, sedangkan place berpengaruh negatif terhadap keputusan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Product; price; place; promotion; masyarakat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:38
Last Modified: 29 Aug 2024 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics