Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang

Calista, Eudora Hana (2024) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016018_Eudora Hana Calista_Lengkap] Text (Skripsi_1903016018_Eudora Hana Calista_Lengkap)
Skripsi_1903016018_Eudora Hana Calista_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, memberi pengaruh perubahan dalam kehidupan. Hal ini terbukti dengan munculnya perangkat telekomunikasi yang dilengkapi dengan teknologi canggih seperti gadget. Penggunaan gadget kini sudah menjadi trend dalam dunia pendidikan, tidak hanya sebagai media komunikasi, melainkan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena segala informasi dapat diakses melalui gadget. Namun, intensitas penggunaan gadget siswa harus disertai dengan adanya kontrol dan pengawasan dari orangtua, guru, serta orang-orang sekitarnya.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: adakah pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sampel yang diambil 46 responden dari 84 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analasis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji-t.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang diperoleh tidak terdapat pengaruh intensitas penggunaan gadget (X) terhadap minat belajar siswa (Y) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang, dengan nilai probabilitas (Sig) pada uji regresi linier sederhana sebesar 0,268 (Sig. 0,268>α_0,05) dan uji t diperoleh thitung 1.123<ttabel 2.015 dengan demikian H_0 diterima. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,028 dengan variabel intensitas penggunaan gadget hanya memberikan kontribusi sebesar 2,8% terhadap variabel minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget; Minat belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:41
Last Modified: 29 Aug 2024 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23757

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics