Pengaruh religiusitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Negeri 2 Tegal

Nabila, Izzatun (2023) Pengaruh religiusitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Negeri 2 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016044_Izzatun Nabila_Lengkap] Text (Skripsi_1903016044_Izzatun Nabila_Lengkap)
Skripsi_1903016044_Izzatun Nabila_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana religiusitas siswa di MTs Negeri 2 Tegal? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Tegal? 3) Adakah pengaruh religiusitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Tegal?
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis kolerasi sederhana, yaitu untuk menentukan pengaruh religiusitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Tegal dan uji thitung untuk menguji kolerasi tersebut signifikan atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah sempel sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, dan tes.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat religiusitas siswa kelas VII Unggulan di MTs Negeri 2 Tegal memiliki nilai maksimum 80,0 dan nilai rata-rata 65,2 yang berada dalam kategori baik, sedangkan prestasi belajar siswa kelas VII Unggulan di MTs Negeri 2 Tegal memiliki nilai maksimum 100,0 dengan nilai rata-rata 73,2 yaitu berada dalam kategori sangat tinggi. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara religiusitas dan prestasi belajar siswa kelas VII Unggulan di MTs Negeri 2 Tegal. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung dibandingkan dengan ttabel. Untuk taraf signifikansi (a) 5% atau 0,05 yaitu uji satu pihak atau satu arah karena memiliki hubungan positif kolerasi yang kuat dan dk = 48 - 2 = 46, maka di peroleh ttabel = 1,679. Maka dapat di katakan signifikan karena ttabel>thitung yaitu 7.592 > 1,679. Dengan ini thitung> ttabel berarti H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan religiusitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Tegal. Dan hasil antara religiusitas dan prestasi belajar menunjukkan nilai koefisien determinasi = 0,556. Dengan ini, religiusitas mempengaruhi prestasi belajar sebesar 55,6% sedangkan 44,4% yang lain dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Prestasi belajar; Siswa; Fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:01
Last Modified: 30 Aug 2024 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23779

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics