Penerapan teknis evaluasi true or false pada mata pelajaran fiqih kelas V MIN 1 Kendal

Rizkiana, Nurul (2023) Penerapan teknis evaluasi true or false pada mata pelajaran fiqih kelas V MIN 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016048_Nurul Rizkiana_Lengkap] Text (Skripsi_1903016048_Nurul Rizkiana_Lengkap)
Skripsi_1903016048_Nurul Rizkiana_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan teknis evaluasi True or False untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kendal. Penelitian ini mengambil fokus penelitian: 1) Bagaimana penerapan evaluasi True or False pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIN 1 Kendal? 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah adanya teknis evaluasi True or False pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIN 1 Kendal? Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi Reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing).
Dari hasil penelitian diperoleh yaitu 1) penerapan evaluasi True or False pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIN 1 Kendal adalah mengukur tingkat keberhasilan pada suatu program pendidikan melalui empat tahapan dalam penerapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mengolah laporan hasil. 2) Hasil belajar siswa setelah adanya teknis evaluasi True or False pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIN 1 Kendal sudah cukup mencapai tingkat pencapaian dengan baik, walaupun belum mencapai tingkat maksimal akan tetapi sudah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan dari sekolahan, karena guru kalau ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM diadakan remedial dan sedangkan siswa yang mendapatkan nilai bagus di atas KKM diadakan pengayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; True or false; Hasil belajar; Siswa; Fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:17
Last Modified: 30 Aug 2024 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics