Analisis strategi pemasaran roti Dara Bakery Sayung Demak dalam meningkatan jumlah penjualan perspektif ekonomi Islam

Akbar, Faisal (2023) Analisis strategi pemasaran roti Dara Bakery Sayung Demak dalam meningkatan jumlah penjualan perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026114_Faisal_Akbar] Text (Skripsi_1905026114_Faisal_Akbar)
1905026114_FAISAL AKBAR_FULL SKRIPSI - Faisal Akbar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Bisnis dalam dunia kue atau bakery yang terus menerus meningkat karena laju pertumbuhan perekonomian dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus menerus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya yaitu untuk mempertahankan posisi persaingan yang lebih unggul dari perusahaan pesaingnya. Dalam meningkatkan daya saing, setiap perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi pemasaran roti Dara Bakery dalam meningkatkan jumlah penjualan, 2) Strategi pemasaran roti Dara Bakery pada saat dan setelah Pandemi Covid-19, 3) Strategi pemasaran roti Dara Bakery dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitan ini adalah strategi bauran pemasaran yang dilakukan Dara bakery yaitu dari segi produk yaitu berupa segala macam aneka roti, Harga yang cukup terjangkau tergantung yang di pesan, mendistribusikannya ke toko-toko dan tetangga yang mempunyai hajatan, sistem mulut kemulut. Menurut Persfektif Ekonomi Islam implementasi bauran pemasaran Dara bakery sudah sesuai dengan pemasaran Islam yaitu dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. menetapakan harga sesuai dengan kualitas produk. tempat/saluran distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau, dan promosi selalu bersikap jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; baruan pemasaran; volume penjual; ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:30
Last Modified: 30 Aug 2024 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics