Upaya peningkatan hasil belajar al Quran Hadis materi pokok menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid hukum bacaan idgham bighunah, idgham bilaghunah, dan iqlab melalui metode card sort bagi siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal
Durakhman, Akhmad (2011) Upaya peningkatan hasil belajar al Quran Hadis materi pokok menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid hukum bacaan idgham bighunah, idgham bilaghunah, dan iqlab melalui metode card sort bagi siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111207_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (563kB) | Preview
093111207_bab1.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
093111207_bab2.pdf - Accepted Version
Download (130kB) | Preview
093111207_bab3.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
093111207_bab4.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
093111207_bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
093111207_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor,salah satunya metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Pada kenyataannya, dalam pembelajaran guru masih sering menggunakan metode konvensional, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta kurang memuaskan. Siswa dapat mencapai prestasi belajar maksimal bila seorang guru tepat dalam menerapkan pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran al Quran Hadis dengan pendekatan pembelajaran aktiv menggunakan metode Card Sort (mensortir kartu). Dari hal tersebut muncul permasalah yaitu bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al Quran Hadis Materi Pokok Menerapkan Kaidah-kaidah Ilmu Tajwid Hukum Bacaan Idgham Bighunah, Idgham Bilaghunah, dan Iqlab melalui Metode Card Sort bagi Siswa Kelas IV MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV semester 2 pada mata pelajaran al Quran Hadis di MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,dimana setiap siklus meliputi kegiatan perencenaan pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Indikator yang ditetapkan yaitu nilai rata-rata siswa 70 dan ketuntasan belajar (banyaknya siswa yang mendapatkan nilai 65) sekurang kurangnya 70 % dari jumlah seluruh siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal yang terdiri dari 21 anak.
Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Card Sort dengan menciptakan suasana pembelajaran aktiv maka suasana kelas menjadi hidup. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Dalam pelaksanaan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 65 dengan ketuntasan belajar 44%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pada rata-rata hasil belajar dari 65 menjadi 75, serta ketuntasan belajar yang meningkat dari 44% menjadi 75%.
Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal dalam pembelajaran al quran hadis materi pokok menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid bacaan idgham bighunah, idgham bilaghunah, dan iqlab melalui metode Card Sort. Peningkatan ini dapat dilihat dari prosentase hasil belajar siswa dan rata-rata hasil belajar pada tiap-tiap siklusnya.
Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh pihak (siswa, guru, dan sekolah) untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran al quran hadis terutama materi ilmu tajwid. Karena dorongan dan semangat siswa dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Tajwid; Metode Pembelajaran; Card Sort; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 03:39 |
Last Modified: | 15 Jul 2014 03:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2379 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year