Pengaruh motivasi usaha, pengetahuan kewirausahaan dan penerapan digital marketing terhadap keberhasilan usaha : studi kasus pada pelaku UMKM yang tergabung dalam IPEMI Kabupaten Pemalang
Tamar, Syayida Aisyah (2023) Pengaruh motivasi usaha, pengetahuan kewirausahaan dan penerapan digital marketing terhadap keberhasilan usaha : studi kasus pada pelaku UMKM yang tergabung dalam IPEMI Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1905026127_SYAYIDA AISYAH TAMAR_Full Skripsi - Syayida Aisyah Tamar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Islam sangat mendorong umatnya untuk berwirausaha, oleh karena itu sudah sewajarnya bagi setiap muslim untuk memiliki jiwa kewirausahaan, bahkan seharusnya sudah menjadi bagian dari kehidupan. Untuk mencapai suatu keberhasilan usaha dalam berwirausaha dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan adanya seorang wirausaha yang kompeten dalam bidangnya. Selain itu terdapat pula modal utama yang dibutuhkan untuk mengoperasikan suatu usaha yaitu motivasi kewirausahaan. Agar jiwa kewirausahaan tidak pernah mati, maka penting untuk mempertahankan motivasi yang berasal dari dalam untuk menjalankan kegiatan usaha. Faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan usaha adalah digital marketing. Digital Marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvensional dan beralih ke pemasaran modern.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha pada pelaku UMKM yang tergabung di IPEMI Pemalang, 2) mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha pada pelaku UMKM yang tergabung di IPEMI Pemalang, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan digital marketing terhadap keberhasilan usaha pada pelaku UMKM yang tergabung dalam IPEMI Kabupaten Pemalang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi usaha, pengetahuan kewirausahaan, dan penerapan digital marketing sebagai variabel bebas, dan keberhasilan usaha UMKM sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah kuesioner. Sampel yang diambel berjumlah 58 responden dengan menggunakan teknik total sampling.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel motivasi usaha berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan kategori tinggi yaitu sebesar 73.90%, variabel pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan kategori cukup tinggi yaitu sebesar 49.40% dan variabel penerapan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan kategori tinggi yaitu sebesar 71.30%. Hal ini berarti bahwa variabel motivasi usaha, pengetahuan kewirausahaan, dan penerapan digital marketing secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi; Kewirausahaan; digital marketing; keberhasilan usaha; UMKM |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:15 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23794 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year