Analisis pengaruh daya tarik wisata, aksesbilitas, dan norma subjektif terhadap keputusan berkunjung di objek wisata halal Wonobodro Kabupaten Batang

Khasanah, Ma’rifatul (2023) Analisis pengaruh daya tarik wisata, aksesbilitas, dan norma subjektif terhadap keputusan berkunjung di objek wisata halal Wonobodro Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026153_Ma’rifatul_Khasanah] Text (Skripsi_1905026153_Ma’rifatul_Khasanah)
1905026153_Ma_rifatul Khasanah_FULL SKRIPSI - Ma_rifatul Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keputusan berkunjung merupakan salah satu komponen yang penting dalam pariwisata untuk menilai keberadaan suatu objek wisata, sehingga dapat berdampak pada tingkat perekonomian masyarakat sekitar. Keputusan berkunjung wisatawan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya daya tarik wisata, aksesbilitas, dan norma subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh daya tarik wisata, aksesbilitas, dan norma subjektif terhadap keputusan berkunjung di objek wisata halal Wonobodro Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden yaitu pengunjung pada objek wisata halal Wonobodro Kabupaten Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Alat analisis data adalah SPSS 24.0 dan data dianalisa menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji parsial, menunjukkan bahwa 1) Daya tarik wisata berpengaruh secara secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. 2) Aksesbilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. 3) Norma subjektif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian melalui uji R Square menghasilkan variasi keputusan berkunjung sebesar 0,485 atau 48,5% variasi keputusan berkunjung dijelaskan oleh ketiga variabel independent yang digunakan dalam regresi. Sedangkan sisanya 51,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Daya tarik wisata; wisata halal: Womobodro
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:53
Last Modified: 30 Aug 2024 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics