Efektivitas pembelajaran joyful learning berbasis game terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas 5 SDN Gabus 1 Pati

Dewi, Sasa Kurnia (2023) Efektivitas pembelajaran joyful learning berbasis game terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas 5 SDN Gabus 1 Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016058_Sasa Kurnia Dewi_Lengkap] Text (Skripsi_1903016058_Sasa Kurnia Dewi_Lengkap)
Skripsi_1903016058_Sasa Kurnia Dewi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar di sekolah yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Rendahnya motivasi belajar siswa menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran joyful learning berbasis game terhadap motivasi belajar Pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas 5 SDN Gabus 1 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini dimulai dari analisis uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian dilanjutkan dengan uji persyaratan analisis untuk melihat uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk penghitungan uji T menunjukkan bahwa kelas 5A sebagai kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 75.58 dan Kelas 5B sebagai kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 85.36. Hal ini terbukti dalam analisis akhir perhitungan uji T diperoleh t-hitung yaitu 4,126 dengan taraf signifikansi 5%, maka t-tabel yaitu 0,681. Berdasarkan hasil tersebut t-hitung > t- tabel, H_0 ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa pembelajaran joyful learning berbasis game efektif terhadap hasil belajar Pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas 5 SDN Gabus 1 Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Joyful learning; Game; Motivasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:53
Last Modified: 02 Sep 2024 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23814

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics