Implementasi model pembelajaran experiential learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Alam Ungaran
Rahmadhani, Khalista Fani (2023) Implementasi model pembelajaran experiential learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Alam Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903016074_Khalista Fani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi model pembelajaran Experiential Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam Sekolah Dasar Alam Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Alam Ungaran serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan memperoleh semua data-data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Experiential Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam dapat diimplementasikan di Sekolah Dasar Alam Ungaran melalui kegiatan gardening yang mana dalam kegiatan tersebut menggunakan tema Asmaul Husna Al-Hayyu ( Maha Menghidupkan) dan Al Mumiitu (Maha Mematikan). kegiatan gardening disampaikan melalui empat tahapan yaitu tahap pengalaman konkret, tahap refleksi ibservasi, tahap penyusunan konsep abstrak, dan tahap aplikasi. Adapun faktor pendukungnya yaitu lingkungan sekolah, kreativitas guru, dan peserta didik yang memiliki keingintahuan tinggi sedangkan faktor penghambatnya yaitu tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda beda dan siswa yang sulit dikendalikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experiential learning; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Alam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23819 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year