Pola asuh wanita karir terhadap pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas 9 H SMP N 23 Semarang

Rizqi, Ahmad Zidan (2023) Pola asuh wanita karir terhadap pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas 9 H SMP N 23 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016088_Ahmad Zidan Rizqi_Lengkap] Text (Skripsi_1903016088_Ahmad Zidan Rizqi_Lengkap)
Skripsi_1903016088_Ahmad Zidan Rizqi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh wanita karir dalam mengawasi pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas 9 H SMP N 23 Semarang?, 2) Bagaimana pengamalan ibadah shalat fardhu siswa kelas 9 H SMP N 23 Semarang dari masing-masing pola asuh yang diterapkan wanita karir tersebut?
Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah enam wanita karir yang dipilih. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas 9 H SMP N 23 Semarang yang ibunya sebagai wanita karir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Adanya pola asuh yang beragam yakni pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif yang diterapkan oleh wanita karir dalam mengawasi pengamalan ibadah shalat fardhu anaknya. Pola asuh otoriter diterapkan oleh ibu NY dan ibu IF ditandai dengan penekanan pada ketaatan dan aturan yang ketat, sedangkan pola asuh demokratis diterapkan oleh ibu MW dan ibu PJ memberikan ruang bagi partisipasi dan pemahaman nilai-nilai. Sementara itu, pola asuh permisif diterapkan oleh ibu SP dan ibu SY dengan memberikan kebebasan yang lebih besar tanpa banyak batasan dan pengawasan. 2) Anak-anak yang mendapatkan pola asuh otoriter seperti yang diterapkan ibu NY dan ibu IF memiliki tingkat pengamalan ibadah shalat fardhu yang teratur, karena adanya aturan dan pengawasan yang ketat terkait dengan pelaksanaan shalat. Dalam pola asuh demokratis oleh ibu MW dan ibu PJ juga dinilai teratur, mereka diberikan pemahaman nilai-nilai agama dan kebebasan untuk memilih serta mengambil tanggung jawab terhadap pelaksanaan ibadah. Dalam pola asuh permisif oleh ibu SP dan ibu SY, anak-anak menghadapi kesulitan dalam menjaga disiplin dan kurang teratur dalam melaksanakan shalat fardhu, karena kurangnya aturan dan pengawasan yang ketat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Wanita karir; Pengamalan ibadah; Shalat fardhu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:20
Last Modified: 02 Sep 2024 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23822

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics