Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis kitab kuning di MTS Al Hidayah Bragung Guluk-guluk Sumenep Jawa Timur

Kiromi, Fadil Muhammad Izzi (2023) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis kitab kuning di MTS Al Hidayah Bragung Guluk-guluk Sumenep Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016096_Fadil Muhammad Izzi Kiromi_Lengkap] Text (Skripsi_1903016096_Fadil Muhammad Izzi Kiromi_Lengkap)
Skripsi_1903016096_Fadil Muhammad Izzi Kiromi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berbasis keagamaan memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan lembaga pendidikan umum lainnya dalam mencetak kualitas siswa yang lebih unggul maka diperlukan pembaruan metode agar Lembaga Pendidikan mengikuti zaman. Kitab kuning adalah salah satu contoh karya yang sampai saat ini dianggap klasik dan masih dianggap tradisional, maka perlu adanya modernisasi dalam pembelajarannya agar tidak dianggap ketinggalan zaman.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan:1) Apa Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis kitab kuning di MTs Al-Hidayah? 2) Bagaimana Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis Kitab Kuning di MTs Al-Hidayah?
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu penelitian lapangan atau Field Research yaitu penulis langsung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, ada 3 metode yang digunakan dalam pengumpulan data-data penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Al Hidayah yang awalnya adalah Lembaga muallimin yang pada tahun 1992 resmi menjadi Madrasah Tsanawiyyah (MTs) tetap menggunakan pembelajarannya dengan kitab kuning dalam pembelajarannya salah satunya dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang masih menggunakan kitab kuning, fokus dalam penelitian ini yaitu pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis kitab kuning. Dalam pembelajaran yang berbasis kitab kuning dari awal semester sudah menggunakan kitab kuning sebagai bahan ajarnya dan dalam setahun tidak dapat menyelesaikan pembelajarannya karena banyaknya pembahasan yang dikaji dan pertemuan setiap seminggu sekali menyebabkan pembelajaran dalam satu tahun tidak selesai.
Hasil penelitian ini yaitu 1.pembelajaran Al-Qur’an Hadist berbasis kitab kuning di MTs Al-Hidayah Bragung menggunakan metode pembelajaran sorogan, bandongan, ceramah dan tanya jawab. 2.pembelajaran Al-Qur’an Hadist berbasis kitab kuning di MTs Al-Hidayah menggunakan kitab Tafsir Jalalain dan kitab Bulughul Marom sebagai bahan ajarnya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Hadits; Kitab kuning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:36
Last Modified: 02 Sep 2024 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics