Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa melalui concept mapping dalam mata pelajaran fiqih materi pokok tentang wudhu (studi tindakan kelas I MI Al-Khoiriyah 1 Semarang tahun ajaran 2010/2011)

Djulastri, Titi (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa melalui concept mapping dalam mata pelajaran fiqih materi pokok tentang wudhu (studi tindakan kelas I MI Al-Khoiriyah 1 Semarang tahun ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111212_coverdll.pdf]
Preview
Text
093111212_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of 093111212_bab1.pdf]
Preview
Text
093111212_bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 093111212_bab2.pdf]
Preview
Text
093111212_bab2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 093111212_bab3.pdf]
Preview
Text
093111212_bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 093111212_bab4.pdf]
Preview
Text
093111212_bab4.pdf - Accepted Version

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of 093111212_bab5.pdf]
Preview
Text
093111212_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 093111212_bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111212_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran fiqih di kelas I Al-Khoiriyyah 1 Semarang untuk dapat merangsang motivasi belajar siswa bisa menggunakan concept mapping, Peta konsep atau concept mapping adalah menyatakan hubungan-hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proposisi-proposisi. Proposisi-proposisi merupakan dua atau lebih konsep-konsep yang dihubungkan oleh kata-kata dalam suatu unit semantik. Peta konsep yang dibuat terdiri dari sari kata yang dapat dihubungkan antara satu dengan lainnya sehingga membentuk proposisi .
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih materi pokok wudlu dengan menggunakan concept mapping di kelas I MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang? 2) Adakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi pokok tentang wudhu di kelas I MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang setelah menggunakan concept mapping.
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan pembelajaran fiqih materi pokok wudlu dengan menggunakan concept mapping di kelas I MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran, menyusun kerangka concept mapping, menyediakan media gambar, pembentukan kelompok maupun pasangan, menyusun kuis, menyiapkan lembar observasi, dan pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan kegiatan berupa, absensi dan pemberian motivasi. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menyuruh peserta didik membuat concept mapping sesuai skenario pembelajaran secara klasikal pada siklus I, kelompok pada siklus II dan berpasangan pada siklus III, yang masing-masing siklus ditindaklanjuti dengan presentasi, diskusi, tanya jawab dan penguatan dari peneliti. Terakhir penutup dengan memberikan soal, tindak lanjut dan berdo’a bersama. Selanjutnya tahap observasi dengan menilai hasil motivasi belajar dan hasil nilai hasil belajar peserta didik dan tahap refleksi dengan mengevaluasi kekurangan setiap tahapan siklus untuk memjadi pedoman yang akan dilakukan pada siklus berikutnya. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi pokok tentang wudhu di kelas I MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang setelah menggunakan concept mapping dapat di lihat dari motivasi belajar siswa dimana pada siklus I ada 47,4%, meningkat menjadi 68,4% pada siklus II dan di akhir siklus III sudah mencapai 89,4%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar dimana pada pra siklus ada 31,6%, naik menjadi 57,9% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 78,9% pada siklus II dan di akhir siklus III ketuntasan hasil belajar sudah mencapai 94,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Fiqih; Metode Pembelajaran; Concept Mapping
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jul 2014 07:21
Last Modified: 10 Jul 2014 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics