Pengaruh pembiasaan asmaul husna terhadap motivasi belajar siswa MA Al Wathoniyah Semarang
Devi, Sania Rahmawati (2024) Pengaruh pembiasaan asmaul husna terhadap motivasi belajar siswa MA Al Wathoniyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903016112_Sania Rahmawati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar siswa karena kurangnya kelembutan hati pada diri siswa, sehingga kurang ikhlas dalam menerima pembelajaran. Maka dari itu perlu dilakukan pembiasaan pada diri siswa dalam melembutkan hatinya salah satunya dengan membisakan Asmaul Husna pada diri peserta didik.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: adakah pengaruh dilaksanakannya pembiasaan Asmaul Husna terhadap motivasi belajar siswa di MA Al Wathoniyah Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 66 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dilaksanakannya pembiasaan Asmaul Husna terhadap motivasi belajar siswa di MA Al Wathoniyah Semarang. Hasil tersebut didapat dari uji t diketahui thitung = 5,681 berarti signifikan artinya hipotesis diterima, karena thitung = 5,681 >ttabel (1.998) pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan hasil uji menunjukkan bahwa Fhitung = 15,840 berarti bersignifikan artinya hipotesis diterima, karena Fhitung = 32,271 >Ftabel (3,14) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi pembiasaan Asmaul Husna terhadap motivasi belajar siswa di MA Al Wathoniyah Semarang sebesar 34% dan sisanya sebesar 66% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asmaul husna, Motivasi belajar; Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:32 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23848 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year