Pendidikan karakter mandiri dan disiplin pada santri Pondok Modern Ar-Risalah program internasional Ponorogo

Pahrudin, Arif (2024) Pendidikan karakter mandiri dan disiplin pada santri Pondok Modern Ar-Risalah program internasional Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016126_Arif Pahrudin_Lengkap] Text (Skripsi_1903016126_Arif Pahrudin_Lengkap)
Skripsi_1903016126_Arif Pahrudin_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Seiring kemajuan zaman kerap kita temui perilaku indisiplin dari kalangan pelajar yang bermula dari bangku sekolah hingga perbuatan kriminal seperti penganiayaan kepada guru, pembulian dan lain sebagainya. Selain indisiplin, banyak kita dapati pelanggaran dalam negeri ini seperti korupsi, tindakan tersebut tergolong indisiplin karena melanggar Undang-Undang Dasar dan juga termasuk perbuatan tidak mandiri karena seseorang yang seharusnya mencukupi kebutuhan dengan usahanya sendiri justru mengambil yang bukan haknya. Adanya penulisan skripsi ini didasari dari berbagai problematika dan fenomena diatas.
Krisis karakter ini dapat diminimalisir dengan memberikan pengarahan, pendidikan serta bimbingan kepada anak. Salah satunya ialah dengan cara mendaftarkan anak tersebut dalam pondok pesantren. Yang mana anak tersebut akan terbiasa hidup mandiri dan disiplin dalam pondok, semisal Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pondok Tebu Ireng Jombang Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan lain sebagainya. Pemilihan tempat penelitian ini disebabkan karena Pondok Modern Arrisalah Ponorogo ialah pondok yang didirikan oleh KH. Muhammad Ma’sum Yusuf selaku sekretaris pribadi KH. Imam Zarkasyi (Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor) yang mana karakteristik dan pola asuh Pondok Modern Arrisalah merujuk pada Pondok Modern Darussalam Gontor.
Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter mandiri dan disiplin pada santri Pondok Modern Arrisalah Ponorogo. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan Pondok Modern Arrisalah mulai dari tanggal 16 juli 2023 sampai dengan 23 juli 2023, kemudian dilaporkan dalam bentuk skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana pendekatan, metode dan strategi yang digunakan dalam pendidikan karakter mandiri dan disiplin dalam Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Ponorogo.
Penelitian ini menunjukkan hasil adanya pendidikan karakter mandiri dan disiplin dalam Pondok Modern Arrisalah. Penanaman karakter mandiri dan disiplin delaksanakan dengan pendekatan religius, pendekatan rasional dan pendekatan sosio kultural. Kemudian metode yang digunakan ialah metode pembiasaan, metode teladan, metode ceramah serta metode reward and punishment. Ada pun strateginya ialah moral knowing, moral feeling dan moral doing. Dengan berbagai upaya yang telah dilaksanakan pendidikan karakter ini mampu menjadikan santri memiliki karakter mandiri dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Mandiri; Disiplin; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:49
Last Modified: 03 Sep 2024 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23853

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics